Jumat, 14 Mei 2010

Contoh Bahan Ajar IPS TERPADU Kelas VII Semester 2

IPS TERPADU

Kelas VII Semester 2

Tema 1

INDAHNYA PRAMBANAN

DAN

MEGAHNYA BOROBUDUR

Oleh:

Kelompok 2

Syahrial D., S.Pd.

Dra. Istikomah

Dra. Sumaryani

Sekhah Efiaty, S.Pd.

Sarbun Hadi Sugiarta, S.Pd

Roib, S.Pd.

Irma Budiwati, S.Pd.

Diklat IPS Jenjang Lanjut

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

DITJEN PMPTK

P4TK PKn dan IPS

2008

INDAHNYA PRAMBANAN

DAN

MEGAHNYA BOROBUDUR

Kompetensi Dasar

4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi

4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk

5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-peninggalannya

6.1 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa.

Indikator

Membuat sketsa wilayah Borobudur dan Prambanan

Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk wilayah Borobudur dan Prambanan

Mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi

Mengklasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi wilayah Borobudur dan Prambanan

Mengidentifikasi etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis wilayah Borobudur dan Prambanan

Mengidentifikasi usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi wilayah Borobudur dan Prambanan

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi penduduk wilayah Borobudur dan Prambanan

Menjelaskan tujuan distribusi

Mengklasifikasi sistem distribusi beserta contohnya di wilayah Borobudur dan Prambanan

Melakukan kegiatan yang menggambarkan contoh etika ekonomi dalam kegiatan distribusi yang memenuhi unsur keadilan dan pemerataan

INDAHNYA PRAMBANAN

DAN

MEGAHNYA BOROBUDUR

A. Sketsa dan Peta Wilayah

Bentuk wilayah dapat diinterpretasikan melalui globe, atlas, peta maupun sketsa. Sebelum berkembangnya pemakaian globe, atlas dan peta untuk menggambarkan obyek geografi, seorang geograf sangat membutuhkan sketsa. Sketsa lebih sederhana jika dibandingkan dengan peta, namun tidak kalah penting dalam penggunaannya. Meskipun sketsa lebih mudah dan sederhana dalam pembuatannya, namun dalam menampilkan obyek geografi dapat lebih fokus pada obyek-obyek yang diperlukan saja.

1. Simbol Dalam Sketsa

Untuk memperjelas isi sketsa, kita dapat menambahkan simbol-simbol untuk menggambarkan adanya obyek-obyek tertentu. Obyek-obyek yang biasa diberikan untuk mengisi sketsa tidak sama antara sketsa yang menggambarkan wilayah yang luas dengan sketsa yang menggambarkan wilayah yang sempit.

Untuk menggambarkan wilayah yang luas seperti negara kita bisa melengkapi sketsa dengan:

- pusat ibukota negara

- bandara terbesar

- jalan negara

- batas propinsi dan lain-lain

Seandainya kita ingin menggambarkan sketsa suatu obyek wisata dan sekitarnya kita bisa menambahkan:

- jalan raya sekitar obyek

- bandara terdekat

- terminal bus terdekat

- pusat ibukota

- pusat informasi

- alun-alun dan lainnya

2. Informasi Yang Terdapat Pada Sketsa

Pada dasarnya informasi yang dapat kita peroleh dari sketsa tidak jauh berbeda dengan informasi yang dapat kiat peroleh dari globe, atlas dan peta. Dengan sketsa kita dapat mengetahui dan memperkirakan:

a. kedudukan suatu obyek di antara obyek-obyek yang lain

b. aksesibilitas suatu obyek

c. jarak dan luas suatu obyek

d. potensi suatu obyek

e. pola pemukiman penduduk

f. macam-macam bentang alam dan bentang budaya yang ada

Tugas Kelompok

Carilah artikel tentang Candi Prambanan kemudian lengkapilah gambar di bawah agar menjadi sketsa yang baik tentang lokasi Candi Prambanan dan sekitarnya !

Wilayah Prambanan dan Sekitarnya

Yogyakarta

Prambanan

B. Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk

Di dalam geografi kita mempelajari hubungan timbal balik antara keadaan alam dengan penduduk. Kondisi geografis Indonesia sangat berpengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia, bahkan terhadap negara-negara lain.

Kondisi geografis suatu wilayah dapat dilihat dari:

1. letak

2. luas

3. batas-batas

4. keragaman bentuk bentang alam

5. iklim

6. kehidupan flora dan fauna

Pernahkah kalian mengunjungi obyek wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan? Mari kita pelajari bagaimana keadaan alam dan penduduk yang terdapat di sekitar wilayah di mana kedua candi tersebut berada.

Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang. Kabupaten Magelang terletak di Propinsi Jawa Tengah, tepatnya di antara Gunung Merapi dan Gunung Sumbing, dekat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sungai utama yang mengalir di Kabupaten Magelang adalah Sungai Progo. Adanya gunung dan sungai, menyebabkan Magelang menjadi daerah yang subur. Tanah vulkanis, tanah aluvial dan tanah humus banyak terdapat di wilayah ini.

Oleh karena itu penduduk Magelang banyak yang bekerja di sektor pertanian. Tanaman pertanian yang dibudidayakan di wilayah ini adalah tebu, beras, jagung, singkong dan tembakau.

Adanya Candi Borobudur di daerah ini menyebabkan penduduk Magelang banyak pula yang bekerja di sektor pariwisata dan sektor-sektor pendukung kepariwisataan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Candi Borobudur, carilah bacaan tentang Candi Borobudur, mulai dari latar belakang didirikannya sampai cerita Candi Borobudur di masa modern ini.

Cakrawala

Candi Borobudur yang merupakan peninggalan agama Buddha, pada dasarnya berbentuk punden berundak dan di atasnya terdapat stupa. Candi ini dibangun sebelum abad ke 9, pada masa Dinasti Syailendra.

C. Pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat suasana hiruk pikuk di pasar, toko, maupun pusat perbelanjaan lainnya. Demikian juga jika kita sedang berada di sekitar obyek wisata. Di Indonesia banyak terdapat obyek wisata, baik yang berupa pemandangan alam, seni pertunjukkan, maupun peninggalan-peninggalan masa lalu. Beberapa peninggalan masa lalu yang sampai sekarang menjadi kebanggan bangsa Indonesia adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Apabila kalian pernah mengunjungi kedua obyek wisata ini, tentu kalian dapat melihat bagaimana penduduk yang ada di sekitar beraktivitas. Kegiatan ekonomi di sekitar obyek wisata biasanya meliputi bidang:

a. perdagangan

b. transportasi

c. telekomunikasi

d. dan berbagai bidang jasa lainnya

Dari beragamnya kegiatan ekonomi yang ada, intinya kita dapat

mengelompokkannya menjadi tiga kegiatan yakni:

a. produksi

b. distribusi

c. konsumsi

Produksi adalah usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah nilai guna

suatu barang atau jasa agar lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhannya. Sedangkan jika kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menyalurkan barang atau jasa hasil produksi dari produsen ke berbagai tempat agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat pengguna atau konsumen, kegiatannya disebut distribusi. Jadi konsumen adalah orang atau pihak yang melakukan kegiatan menggunakan atau memakai barang atau jasa yang dihasilkan dari proses produksi untuk memenuhi kebutuhannya sehingga kegunaan barang atau jasa tersebut secara berangsur-angsur atau langsung habis.

Cermatilah gambar di atas dan tunjukkanlah mana gambar yang termasuk kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi! Jelaskan alasan kalian menunjuk gambar tersebut!

Tugas Individu:

Berilah contoh masing-masing tiga kegiatan ekonomi yang termasuk produksi, distribusi dan konsumsi yang ada di sekitar obyek wisata Candi Prambanan dan Candi Borobudur!

D. Etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dalam kehidupan suatu usaha/bisnis

Dalam kegiatan produksi diperlukan faktor-faktor untuk memperlancar pelaksanaannya. Faktor-faktor produksi meliputi:

1. faktor produksi alam

2. faktor produksi tenaga kerja

3. faktor produksi modal

4. faktor produksi keterampilan pengusaha (skill)

Apabila salah satu faktor produksi tidak ada dalam kegiatan produksi, maka prosesnya menjadi kurang optimal. Hal ini akan berakibat kurang optimalnya hasil produksi, baik secara kuantitas maupun kualitas. Oleh karena itu dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi diperlukan etika ekonomi. Etika ekonomi dapat diartikan sebagai kepedulian manusia dalam memanfaatkan faktor-faktor produksi dilihat dari segi untung dan ruginya baik secara soaial, material maupun moral.

Gambar berikut merupakan contoh pelaksanaan etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor produksi alam, yakni mengolah tanah dengan baik dan benar.

Kegiatan:

Berilah contoh pelaksanaan etika ekonomi dalam memanfaatkan faktor produksi di daerah wisata seperti di sekitar Candi Prambanan dan Candi Borobudur!

E. Usaha-usaha yang dapat dilakukan guna meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi baik melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi

Kegiatan produksi dikatakan berhasil apabila menimbulkan dampak positif pada masyarakat. Upaya yang dilakukan guna meningkatkan produksi dapat dilihat dari dua sudut pandang yaitu:

1. meningkatnya jumlah hasil produksi

2. meningkatnya mutu hasil produksi

Adapun usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi adalah dengan menambah mutu faktor-faktor produksi (intensifikasi) dan menambah jumlah faktor-faktor produksi (ekstensifikasi).

Perhatikan gambar berikut! Gambar di samping kiri memperlihatkan sebuah kegiatan di bidang pertanian, yakni pemberantasan hama. Perhatikan pula gambar kanan yang memperlihatkan penggunaan tenaga kerja yang cukup banyak dalam kegiatan produksi. Kedua gambar menunjukkan adanya usaha-usaha dalam meningkatkan jumlah dan mutu hasil produksi. Coba kalian tunjukkan, manakah gambar yang menunjukkan usaha peningkatan produksi yang termasuk intensifikasi dan mana yang termasuk ekstensifikasi?

Penting untuk diperhatikan!

Wisatawan akan kembali lagi ke tempat yang pernah dikunjungi apabila dia mendapat kenangan manis di tempat tersebut. Kenangan manis dapat tercipta melalui pelayanan yang baik di tempat wisata dan banyaknya barang bermutu yang dia lihat dan butuhkan untuk dijadikan souvenir atau buah tangan.

Dinamika

Rangkuman

Sketsa merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi geografis suatu wilayah, baik penampakan alam maupun penampakan budaya seperti jalan, pola pemukiman, ataupun persebaran obyek wisata seprti Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Candi Prambanan dan Candi Borobudur merupakan penampakan geografi budaya yang sangat monumental. Kedua candi tersebut adalah hasil peninggalan pada masa datangnya agama Hindu-Budha

Adanya dua bangunan ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan penduduknya baik di bidang agama, sosial, ekonomi dan bidang-bidang lainnya. Apalagi keduanya dibangun di wilayah yang strategis dan subur.

Berbagai kegiatan ekonomi muncul di sekitar dua bangunan indan dan megah ini, baik kegiatan produksi, distribusi maupun konsumsi, baik barang maupun jasa.

Masyarakat di sekitar kedua candi sangat peduli dengan keberadaannya.

Evaluasi

Tes uraian :

(1) Jelaskan secara singkat sejarah Candi Prambanan!

(2) Jelaskan secara singkat sejarah Candi Borobudur!

(3) Perhatikan peta di bawah ini

Wilayah Prambanan dan Sekitarnya

Yogyakarta

Prambanan

Klaten

Berdasarkan peta di atas lokasi Candi Prambanan terletak pada ….

a. dataran rendah

b. dataran tinggi

c. pucak gunung

d. tepi pantai

(4) Jelaskan karakteristik masyarakat sekitar Candi Prambanan !

(5) Mengapa seb agian besar masyarakat sekitar Candi Prambanan bermata pencaharian sebagai petani ?

(6) Berikan beberapa contah usaha/bisnis yang cocok dilakukan di sekitar Candi Prambanan, lengkap dengan alasannya !

(7) Seandainya kamu tinggal di daerah sekitar Candi Borobudur, usaha ekonomi apakah yang akan kalian lakukan dan berikan alasannya !

Soal Latihan

1) Buatlah klasifikasi macam-macam sumber daya ekonomi wilayah Prambanan dan Borobudur! Dengan cara mengisi tabel di bawah ini!

No

Alam

Tenaga Kerja

Modal

Skill

2) Jelaskan pendapatmu, dapatkah Candi Prambanan dan Borobudur menjadi sumber daya ekonomi!

3) Bagaimana pendapatmu penerapan etika ekonomi yang harus dilakukan oleh produsen dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi!

4) Jelaskan usaha-usaha yang dilakukan produsen guna meningkatkan mutu dan hasil produksi!

5) Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi penduduk wilayah Prambanan dan Borobudur!

Kerjakan Soal Berikut!

1. Salah satu fungsi candi adalah sebagai tempat ibadah. Banyaknya candi pada masa Mataram kuno menunjukkan masyarakatnya bersifat apa ?

2. Apa agama mayoritas penduduk Mataram Kuno ?

3. Bagaimana kehidupan antar umat beragama pada masa Mataram kuno?

4. Jumlah penduduk Mataram kuno masih sedikit, tetapi dapat membangun banyak candi. Menunjukkan sifat penduduk suka ……

5. Letak Mataram kuno berada di kawasan ….

6. Mataram kuno berada di daerah pedalaman, corak perekonomiannya adalah….

7. Apa bukti Mataram kuno sudah mengenal perdagangan antara Negara ?

8. Kegiatan mengantar barang dari produsen kepada konsumen di sebut….

9. Secara umum pelaku distribusi disebut apa ?

10. Sebutkan 2 contoh distributor !

11. Distributor yang paling banyak ditemui di kawasan Borobudur dan Prambanan adalah…

12. Sistem distribusi barang yang dilakukan oleh pengrajin dengan cara menjual langsung kepada wisatawan, adalah sistem….

13. Para pedagang di kawasan Borobudur dan Prambanan kebanyakan menggunakan sistem distribusi ….

14. Relief Kapal Cadik pada Candi Borobudur menunjukkan pada masa Mataram Kuno sudah dilakukan distribusi sistem….

15. Sebutkan satu contoh etika berekonomi yang harus diterapkan dalam kegiatan distribusi!

16. Siapa yang paling dirugikan jika etika berekonomi dalam kegiatan distribusi tidak dilaksanakan ?

Glosarium

Daftar Pustaka

Khamid, Abdul. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial. Surakarta: Teguh Karya

Micorsoft Encarta Coorporation, Encyclopedia 2006

Sardiman, A.M. 2006. Khazanah Ilmu Pengetahuan Sosial. Solo: Tiga Serangkai

Tim Abdi Guru. 2007. IPS TERPADU untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Yasin, M. dkk. 2007. IPS Terpadu Untuk SMP. Jakarta: Ganeca E

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan komen disini!!!